Minggu, 16 Oktober 2011

penerapan sistem komputer dalam perusahaan susu

Penerapan Sistem Kendali Komputer di Peternakan Sapi

Hari ini (25/09/09) saya berkesempatan untuk mengunjungi salah satu peternakan sapi bernama Landgoed Kaamps (www.kaamps.nl) yang terletak di luar kota Enschede, NL. Pada peternakan yang memang terbuka untuk dikunjungi umum tersebut kita dapat melihat peternakan sapi tentunya dan proses pembuatan keju, serta tersedia juga tempat penjualan berbagai macam produk turunan dari sapi dan susu seperti keju, yoghurt, dan sosis. Pada tulisan ini secara khusus saya ingin berbagi tentang penerapan sistem kendali komputer yang terdapat pada peternakan tersebut.
Peternakan Landgoed Kaamps mempunyai sekitar 200 ekor sapi perah. Untuk saya jumlah tersebut sangatlah banyak, namun menurut pemandu kami jumlah itu masih “sedikit” dibandingkan dengan beberapa peternakan di daerah lain. Yang membuat kagum adalah pekerja yang khusus menangani sapi (beserta kandangnya tentunya) tersebut hanyalah berjumlah 2 (ya betul hanya dua) orang saja. Hal tersebut dapat terlaksana karena peternakan tersebut menerapkan sistem otomasi menggunakan sistem kendali komputer pada hampir semua proses. Beberapa sistem yang sempat saya perhatikan antara lain sistem identifikasi sapi, sistem pembersih kandang, dan sistem pemerah susu.
IMG_0598
Perhatikan gambar di sebelah kiri. Pada setiap sapi terdapat kalung yang selain digunakan untuk tanda pengenal secara visual, juga terdapat pemancar untuk keperluan identifikasi sapi. Pemancar tersebut kemungkinan menggunakan sistem RFID (Radio Frequency Identification) atau sistem semacam itu. Dengan adanya sistem identifikasi maka dapat diketahui banyak hal, seperti apakah sapi sedang berada di dalam kandang atau di padang rumput karena pada pintu kandang dipasang penerima yang dapat mendeteksi identifikasi sapi. Selain itu juga dapat diketahui apakah sapi tertentu pada hari tertentu telah diperah susunya atau belum, sehingga sapi yang belum diperah tidak bisa keluar kandang, karena saat akan keluar pintu secara otomatis akan tertutup dan sapi mau tidak mau harus kembali masuk ke kandang.
IMG_0597 IMG_0599
Gambar di atas menunjukkan sistem pembersih otomatis, sebelah kiri adalah sistem pembersih badan sapi sedangkan sebelah kanan adalah robot pembersih lantai kandang yang secara rutin berpatroli di seputar kandang dan dapat mendeteksi adanya kotoran sapi serta membersihkannya.
IMG_0600Selanjutnya adalah sistem pemerah susu otomatis seperti terlihat pada gambar sebelah kiri. Sistem ini dapat melakukan seluruh proses tanpa melibatkan campur tangan manusia, dari mengidentifikasi sapi yang sedang diperah, memasang alat pemerah (menggunakan sensor laser untuk mendeteksi letak puting), proses pemerahan susu, pengecekan kualitas susu, dan terakhir membersihkannya. Sempat terdapat pertanyaan kepada pemandu bagaimana cara sapi dapat mendatangi robot pemerah susu tersebut. Ternyata sapi hanya perlu diberi contoh satu kali untuk ditunjukkan lokasi robot pemerah susu, dan selanjutnya saat sudah siap diperah maka sapi dengan sendirinya akan mendatangi (dan mengantri) ke lokasi robot pemerah susu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar